Mon. Oct 7th, 2024

Struktur Kurikulum

  • Kurikulum

Kurikulum pendidikan doktor adalah seperangkat bahan pembelajaran dan bahan kajian yang terstruktur dan bertahap untuk menghasilkan kompetensi doktor sebagai capaian pembelajaran dilengkapi dengan metode dan proses pembelajarannya serta tahapan penilaian. Kurikulum harus memuat capaian pembelajaran yang mengacu pada deskripsi jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) (Perpres Nomor 8 Tahun 2012), Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

  • Rumusan Body of Knowledge

Analisis mengenai body of knowledge program studi doktor yang diusulkan dikaitkan dengan tahapan proses pembelajaran berdasarkan bidang keunggulan program studi yang direncanakan dan hasil studi penelusuran, yakni: Program Doktor Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UINSI Samarinda dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip:

  1. Berdasarkan pada aliran pendidikan pribadi, interaksi, teknologi dan kognitif
  2. Berdasarkan pada idealisme, kebutuhan mahasiswa dan lingkungan;
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan;
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan;
  6. Belajar sepanjang hayat;
  7. Keseimbangan antara aspek intelektual, emosional dan spiritual.

Program Doktor Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UINSI Samarinda diorientasikan kepada tercapainya kompetensi (sikap, pengetahuan, kemahiran, keterampilan dan skill) lulusan, dengan memiliki tiga macam keterampilan (skill), yaitu; special skill (sesuai program studi yang ditekuni), life skill (semacam wiraswasta atau intrepreneurship) dan leader life skill yakni sebagai pemimpin yang mandiri yang mampu mengelola diri dan life skill yang dimiliki serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan

Untuk mencapai kompetensi tersebut, maka mahasiswa harus memiliki:

  1. Penguasaan Pengetahuan dan keterampilan yang meliputi kemampuan analisis dan sintesis, menguasai IT/computing, managed ambiguity, communication dan second language, attitude yang meliputi leadership, team working dan can work cross culturally yang berkaitan dengan struktur kurikulum yang ditetapkan
  2. Pengenalan sifat pekerjaan terkait yang meliputi terlatih dalam etika kerja, memahami makna globalisasi, fleksibel dalam pilihan pekerjaan,
  3. Personality yang meliputi iman taqwa, berakhlak mulia atau memiliki integritas kepribadian yang kokoh dan berkpribadian Indonesia.

Perumusan ragam aspek kompetensi tersebut tidak terlepas dari keinginan Program Doktor Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UINSI Samarinda untuk mentransformasikan berbagai macam kompetensi tersebut bagi mahasiswa, agar dapat memiliki berbagai alternatif pengetahuan, keterampilan dan skill yang memadai dalam mengahadapi tantangan arus globalisasi dan modernisasi. Kompetensi tersebut diperlukan untuk :

  1. Memberikan basic competencies ilmu-ilmu keislaman sebagai ciri khas dari UINSI Samarinda, sekaligus sebagai landasan dan pendasaran bagi pengembangan bidang-bidang studi yang dikembangkan pada Program Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UINSI Samarinda
  2. Memberikan kemampuan adaptasi terhadap ketidakpastian lapangan pekerjaan, sifat pekerjaan dan perkembangan masyarakat yang semakin tidak menentu.
  3. Mengantisipasi pekerjaan dengan persyaratan kompetensi yang sifatnya kompetitif dan tidak mengenal batas-batas fisik wilayah, Negara dan pemerintahan.
  4. Memfasilitasi proses pendidikan sepanjang hayat, dalam bentuk proses belajar menemukan method of inquiry seseorang.
Translate ยป