Mon. Oct 7th, 2024

Capaian Pembelajaran

  • PERRPRES 08 TAHUN 2012
  • Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
  • Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/ atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner
  • Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  • PERMENDIKBUD 03 TAHUN 2020
  • Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  • Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi;
  • Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal;
  • Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  • Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;
  • PROGRAM STUDI
I. SIKAP
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
Berkontribusi  dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat, berbangsa,bernegara,   dan   kemajuan   peradaban   berdasarkan Pancasila;
Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki  nasionalisme  serta  rasa  tanggungjawab  pada  negara  dan bangsa;
Menghargai keanekaragaman   budaya,   pandangan,   agama,   dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Taat  hukum  dan  disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan bernegara;
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
Menunjukkan  sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan  di  bidang keahliannya secara mandiri; dan
Menginternalisasi     semangat     kemandirian,     keuangan,     dan kewirausahaan.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
II. PENGETAHUAN
Menguasai secara mendalam konsep Pendidikan Islam Perspektif Alquran dan Hadis sebagai landasan utama dalam membangun masyarakat Islam Indonesia, yang Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur, masyarakat Rahmatan Lil alamain dan masyarakat yang memiliki sikap moderasi dalam beragama
Menguasai  berbagai pandanan aliran filsafat pendidikan Islam dan Barat sebagai dasar untuk mengembangkan teori baru model pendidikan berbasis pengembangan masyarakat Islam
Menguasai sejarah Pemikiran Pendidikan Islam (PPI) sebagai dasar dan landasan dalam mengembangan berbagai model kurikulum dan pembelajaran untuk pengembangan masyarakat Islam
Menguasai berbagai model dan metodologi penelitian pendidikan untuk melakukan penelitian dan pengembangan (research and development) dalam rangka penyelesaian dan penanganan masalah pendidikan Islam di masyarakat
Menguasai teori dan praktik pengembangan kurikulum  dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai dasar dalam menetapkan model lulusan Satuan Pendidikan di Indonesia, mengembangan model bahan ajar, mengembangkan model pembelajaran, mengembangkan model media dan mengembangkan model evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Menguasai teori teori belajar, aliran-aliran pendidika, aliran-aliran kurikulum dan anatomi  pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Memiliki kemampuan dalam mengembangankan model evaluasi Pendidikan Agama Islam untuk membentuk dan mencetak lulusan yang unggul, kompetetif dan berkarakter
Menguasai model model dan teori-teori pengelolaan kelembagaan Pendidikan Agama Islam sebagai dasar dalam membangun lembaga pendidikan Islam yang mampu berkompetisi secara global
Memahami karakteristik berbagai lembaga pendidikan dan lembaga pendidikan Islam di berbagai negara sebagai bahan perbandingan untuk membangun masyarakat Islam yang Kompetitif
Memahami teori-teori  pengembangan masyarakat pada umumnya dan Masyarakat Islam pada Khususnya
Menguasai Isu-Isu Kontemporer Tentang Kebijakan dan Pemikiran Pendidikan  Islam baik nasional maupun global
Mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji;
Memecahkan problematika ilmu Pendidikan Agama Islam dengan mengembangan teori atau model baru tentang pengembangan pendidikan Islam kontemporer
Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan kajian ilmu Pendidikan Agama Islam yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat  pengakuan nasional dan internasional.
III. KETERAMPILAN UMUM
Mampu  menemukan  atau mengembangkan  teori/konsepsi/ gagasan  ilmiah  baru, memberikan  kontribusi  pada pengembangan  serta  pengamalan ilmu  pengetahuan  dan/atau teknologi  yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di  bidang  keahliannya,  dengan menghasilkan  penelitian  ilmiah berdasarkan  metodologi  ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
menemukan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah dengan pendekatan inter, multi atau transdisipliner, yang disusun dalam bentuk disertasi
Mampu  menyusun  penelitian interdisiplin,  multidisiplin  atau transdisiplin,  termasuk  kajian teoritis  dan/atau  eksperimen pada  bidang  keilmuan,  teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam  bentuk  disertasi,  dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi
Mampu  memilih  penelitian  yang tepat guna, terkini, termaju,   dan memberikan  kemaslahatan  pada umat  manusia  melalui pendekatan    interdisiplin, multidisiplin,  atau  transdisiplin, dalam  rangka  mengembangkan dan/atau  menghasilkan penyelesaian  masalah  di  bidang keilmuan,  teknologi,  seni,  atau kemasyarakatan,  berdasarkan hasil  kajian  tentang  ketersediaan sumberdaya  internal  maupun eksternal;
Mampu  mengembangkan  peta jalan  penelitian  dengan pendekatan  interdisiplin, multidisiplin,  atau  transdisiplin, berdasarkan  kajian  tentang sasaran  pokok  penelitian  dan konstelasinya  pada  sasaran  yang lebih luas;
Mampu  menyusun  argumen  dan solusi  keilmuan,  teknologi  atau seni  berdasarkan  pandangan kritis  atas  fakta,  konsep,  prinsip, atau  teori  yang  dapat dipertanggungjawabkan  secara ilmiah  dan  etika  akademik,  serta mengkomunikasikannya  melalui media  massa  atau  langsung kepada masyarakat;
Mampu  menunjukkan kepemimpinan  akademik  dalam pengelolaan,  pengembangan  dan pembinaan  sumberdaya  serta organisasi  yang  berada  dibawah tanggung jawabnya;
Mampu  mengelola,  termasuk menyimpan,  mengaudit, mengaman-kan, dan menemukan kembali  data  dan  informasi  hasil penelitian  yang  berada  dibawah tanggung jawabnya; dan
Mampu  mengembangkan  dan memelihara  hubungan  kolegial dan  kesejawatan  di  dalam lingkungan  sendiri  atau  melalui jaringan  kerjasama  dengan komunitas  peneliti  diluar lembaga.
IV. KETERAMPILAN KHUSUS
4.1 Memiliki keterampilan menggunakan dan mengembangkan Information, Comunnication and Technology (ICT) dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI)
Memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa Asing terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan TOEFL 500 untuk Bahasa Inggris dan 400 untuk Bahasa Arab
4.3  Memiliki keahlian dalam menulis artikel ilmiah bereputasi internasional
4.4  Memiliki keterampilan dalam riset pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI);
4.5  Memiliki keterampilan dalam merancang dan mengembangkan Pengabdian kepada masyarakat berbasis Pendidikan Agama Islam (PAI).
Translate ยป